Trik Jitu Menyembunyikan Partisi Harddisk dengan Diskpart (Windows SAPI, 7, 8)



Assalamualaikum wr.wb dan Salam Sejahtera…
Dengan Saya Defri Malantantra...

Hai sobat, apa kabar? Semoga sehat selalu untuk anda, berjumpa lagi dalam kesempatan kali ini setelah sekian lamanya aku vakum dari kegiatan blogging.(so sibuk)


Sobat, dalam edisi kali ini saya akan membahas tentang cara jitu meyembunyikan partisi harrdisk yang anda miliki dengan fasilitas yang disediakan oleh windows yaitu DISKPART. Yap, tepat sekali topik ini adalah salah satu topik yang masih sangat popular dicari dijagad internet saat ini (emang barang bekas, hehe..). Terlebih  lagi jika anda soeorang mahasiswa tingkat akhir yang akan ujian skripsi. Pastinya  anda tidak ingin bahan skripsi anda diutak-atik orang lain apalagi jika sampai terhapus. Bisa berabe tuh… (tunda jadi Sarjana).

Nah, dengan trik ini anda dapat meminjamkan PC/laptop anda kepada orang lain tanpa kuatir data anda akan diutak-atik.

Sebenarnya trik ini adalah trik jadul, yang telah banyak dibahas oleh blogger-blogger sebelum saya maupun pada forum-forum lain. Disini saya mengulas kembali dengan bahasa yang lebih ringan, renyah , gurih (makanan ringan kali yaa, hehehe..) dan lebih mudah dipahami. Dan saya yakin masih banyak sobat-sobat yang belum tau trik ini. Tetapi, bagi anda yang telah lama menggandrungi dunia komputer pasti sudah sangat akrab dengan trik ini (So bagi yang udah master nggak perlu baca seterusnya anda boleh keluar dari blog ini sekarang dan buka blog yang lain. Hehehe… jangan tersinggung saya hanya bercanda). Kalau anda sudah lama berkecimpung didunia komputer tetapi belum mengetahui trik ini? Saya Cuma mau bilang “Kemana aja loe? Habis berburu dinosaurus.” Hahaha…

Saya sendiri sebenarnya sudah lama mengenal trik ini saat masih duduk dibangku sekolah menegah kejuruan dulu setelah saya diajari oleh seorang mahasiswa yang belajar disalah satu PT swasta dikota Palu dan sekarang beliau menjadi senior saya (beliau tidak ingin namanya dicantumkan dalam tulisan ini, maklum beliau sangat menjaga Privasi).

Ok sobat, tanpa basa basi berikut langsung saya sajikan triknya, monggo disantap (emang makanan ya, hehe...)

Eiittsss… sebelum membaca ber’Doa dulu, lalu sediakan secangkir Kopi or Teh kalau anda sedang dirumah, kalau anda sedang dikampus atau kafe beli atau pesanlah minuman dingin dan beberapa makanan ringan supaya anda lebih rileks saat membaca tulisan saya ini. Dan sebelumnya saya ucapkan banyak terimakasih karena anda telah bersedia membuka blog saya dan membaca celoteh saya sejauh ini. Ok, saya ucapkan selamat membaca untuk anda…

Baca langsung praktek !

Buka Diskpart, caranya :
Buka RUN (Windows+R) ketikkan Diskpart, berikut gambarnya :


 








Kemudian klik OK

Muncul tampilan Diskpart, berikut :












Kemudian ketikkan perintah LIST VOLUME, lalu enter.


Maksud dari perintah diatas adalah untuk mempermudah anda untuk menentukan partisi mana yang nantinya akan anda sembunyikan.

Kemudian ketikkan perintah SELECT VOLUME 2, lalu enter (artinya saya memilih partisi D untuk disembunyikan, tergantung kebutuhan anda memilih partisi mana yang hendak anda sembunyikan).
 










Kemudian ketikkan Perintah REMOVE LETTER D, lalu enter.











setelah itu akan muncul teks “ Diskpart successfully removed the drive letter or mount point”







Ini menandakan partisi harddisk anda telah sukses disembunyikan, nggak percaya ? mau bukti, Ini buktinya.
Ini adalah tampilan partisi pada notebook saya sebelum saya sembunyikkan.












Nah, yang ini setelah saya sembunyikkan salah satu partisinya (partisi D).












Setelah ini anda pasti bertanya “terus bagaimana cara memunculkan kembali Partisinya ?”

Tenang, jangan kuatir ada caranya juga (sebelum kita memulai anda istirahat dulu lah, teguk dulu Kopi atau Tehnya anda pasti haus berat kan ? emang habis lari marathon yaa… hehehe…)

Ok kalau sudah, mari kita lanjutkan !

Ketikkan kembali perintah SELECT VOLUME 2, tekan enter (sesuaikan dengan partisi yang anda pilih tadi).

  








Kemudian ketikkan perintah ASSIGN LETTER D, tekan enter (perintah ini akan memunculkan kembali partisi yang anda sembunyikan sebelumnya). 









Mau bukti lagi?  ini buktinya, partisi D yang saya sembunyikan sebelumnya muncul kembali.
 












Nah, bagaimana sobat? mudah kan…

Setelah itu apalagi? Terserah komiu jo noh.. komiu mau lanjut minum itu kopi atau teh, atau komiu mau tidur. Retresah, eh salah maksudnya terserah komiu jo. (ini dialegnya orang Palu)

Jika anda gagal, perhatikan kembali perintah yang anda ketikkan dan pemilihan partisinya harus tepat dan sesuai, kemudian coba lagi. Intinya sih, banyak Berlatih itu aja…

Trik ini juga dapat anda gunakan untuk menjahili teman anda (itung-itung sebagai ajang balas dendam, hehehe…) apalagi jika anda pernah dijahili sebelumnya. Tapi, jangan lupa untuk mengembalikan seperti semula dan bagikan ilmu yang anda dapatkan ini kepada teman anda. “Semakin banyak anda membagi ilmu yang anda miliki, semakin banyak ilmu yang akan anda dapatkan” setuju nggak ? setuju donk.

Ok, sobat sekian dulu celoteh saya kali ini, sampai jumpa pada edisi berikutnya. Jadi, sering-seringlah berkunjung ke Blog saya (mungkin sekedar nongol atau nogkrong atau mungkin sekedar memberi kritik dan saran yang membangun). 

Dan jangan lupa sampaikan Salam saya kepada sanak saudara anda, kepada sahabat-sahabat anda kalau perlu kepada pacar anda juga, hehehe… bercanda.
Sekian & Terimakasih “God Bless You All”   

Ditulis di Palu (Sulawesi Tengah-Indonesia) pada tanggal 09-12-2014 pukul 08:40 PM
Anda boleh menyebarluaskan tulisan ini kepada sahabat anda atau siapapun yang menurut anda merasa membutuhkannya, anda juga dapat mencopy tulisan dengan selalu mencantumkan alamat link blog ini diakhir tulisan dan dilarang keras menggunakan tulisan ini untuk kepentingan tertentu karena saya menulis tulisan ini dengan niat untuk berbagi.”


Comments

Popular Posts